Search what you want

Sunday, June 7, 2015

Help users recognize, diagnose, and recover from errors - IdHostinger

1. Masalah ke-1
Ketika kita membuat akun di Id Hostinger, apalagi ketika kita membuat akun gratis disana terdapat masalah ketika kita mengakses halaman yang tidak ada dalam web kita, yaitu ketika kita mambuka atau mengakses suatu halaman yang tidak ada, kita langsung diarahkan ke web utamanya id hostinger.com  dengan memunculkan error 404 tanpa memberikan penjelasan kenapa errornya.

misalkan kita akan mengakses halaman yang tidak ada di web.
http://stk-care.zz.vc/login.php
maka akan langsung ke direct ke halaman utamanya dengan memunculkan error 404.

bagi para praktisi yang sering melakukan browsing di internet pasti akan langsung dapat mengetahui maksud dari error tersebut, tetapi lain halnya dengan seseoreng yang baru menggunakan internet mereka pasti akan menjadi bingung dan lagi yang ditampilkan hanya kode errornya saja "404", dan juga halamannya langsung ke direct kehalaman utamanya idhostinger.com



saran:
supaya memberikan sedikit penjelasan kenapa error tersebut terjadi dan jika memungkinan tidak mendirect langung ke halaman utamanya, karena akan menjadikan kerepoten menuliskan alamat webnya kembali ketika akan melakukan pengeditan.

severity rating:
Hal ini sering terjadi ketika kita menggunakan idHostinger.
dengan skala: Minor usability problem (2)


2. Masalah ke-2
katika kita telah terlalu lama tidak melakukan aktifitas dan kitaakan melakukan aktifitas kembali di web idhostinger, web akan meminta authontifikasiulang. tetapi pengembang memberikan pesan error yang terlalu teknis bagi user.

pesan yang terlalu teknis terlihat di page error


saran:
pengembang tidak terlalu perlu memberikan pesan error yang terlalu teknis, tetapi barikan saja pesan singkat kenapa error tersebut dapat terjadi.

severity rating:
Hal ini sering terjadi ketika kita menggunakan idHostinger.
dengan skala: Minor usability problem (2)


3. Masalah ke-3
katika kit akan mengakses file manager 1 pada idhostinger, terkadang kita di bingungkan dengan tidak adanya status apapun ketika kita menekan tombol tersebut.

ketika kita berada di file manager 1 dan mengakses "akses file manager"
akan dialihkan kehalaman baru yang tidak ada pesan error apapun



saran:
harapannya pengembang dapat memberikan sebuah pesan error ketika sistem tidak merespon seperti biasanya.

severity rating:
Hal ini sering terjadi ketika kita menggunakan idHostinger.
dengan skala: Major usability problem (3)



~Dibuat untuk tugas "Heuristic Evaluation", IMK.

No comments:

Post a Comment